Jagonya Resep Marmer Cake Jadul Pak Sahak (All in one Method)


Ketinggalan banget yah saya baru eksekusi marmer cake pak sahak, baca2 postingan di web sudah beberapa taun lalu marmer pak sahak ini sukses menghiasi time line facebook. Dan saat buka web pun pasti banyak food bloger yang rebake cake ini. Saya lihat resep cake ini di blog mbak nina, catatan-nina.blogspot.com . Saya baca2 di file NCC resep aslinya dari pak sahak ini memakai 10 telur, tapi banyak dari food bloger yang membuat hanya 1/2 resep saja. Kapan2 saya juga mau bikin resep pak sahak 1 resep penuh, soalnya tidak pakai ribet, bahan di mixer semua kecuali minyak dan mentega, dan hasil dari metode all in one ini kuenya lembut banget, dan pori2nya halus tidak besar.
Karena semua bahan dimixer jadi satu, pastikan adonan bener2 kental mengembang dan berjejak ya. Agar saat di campur dengan cairan tidak turun adonannya dan menyebabkan kue bantat.Saya memakai loyang tulban ukuran 22 cm, loyang diskonan yang saya beli seminggu lalu. Lumayan irit $5 dari harga asli $15


Oh iya, saya sedikit memodifikasi resep, pasta coklat saya ganti coklat bubuk yang saya cairkan. Untuk langkah pembuatan, pakai bahasa saya sendiri ya tanpa merubah maksud dari resep asli.

Resep asli disini yah.
catatan-nina.blogspot.com.au/2013/02/marmer-cake-jadul.html?m=1
Bahan-bahan 


5 butir telur
125 gram gula pasir (sy caster sugar)
1 sdt emulsifier
150 gram tepung terigu serba guna
15 gram maizena
15 gram susu bubuk (saya susu bubuk full cream)
100 gram margarin (sy 80g butter 20g margarin, lelehkan)
50 gram minyak sayur(canola oil)
1-2 sdt pasta coklat (1 sdm coklat bubuk)
1 sdt vanilla (sy 1 sdm vanilla extract)

Langkah 

Siapkan semua bahan, timbang semua bahan dengan cermat. Panaskan oven dengan suhu 180℃, siapkan loyang tulban ukuran 20 cm, oles margarin tipis2 dan tabur dengan tepung terigu tipis2. Sisihkan. (Saya pakai loyang tulban 22 cm)
Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk
Siapkan mangkok mixer, masukkan telur,gula, terigu dan emulsifier juga vanilla extract mixer bersama2 (metode all in one)
Mixer sampai mengembang kental putih dan ber berjejak.
Cairkan butter dan margarin, campur dengan minyak sayur. (Tunggu margarin dan butter dingin baru di campur dengan adonan ya)
Masukkan campuran minyak margarin dan butter ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk balik sampai rata.
Ambil 2 sendok sayur adonan lalu beri 1 sdm coklat bubuk (sebelumnya cairkan dlu bubuk coklat dengan sedikit air panas hingga membentuk pasta) lalu aduk rata. Resep asli menggunakan pasta coklat
Tuang adonan berwarna putih sampai habis, lalu tuang adonan coklat diatasnya
Buat pola marmer, dengan bantuan garpu atau tusuk sate.
Oven selama 35-45menit suhu 180℃ sampai matang (sesuaikan dengan oven masing2 ya)
Keluarkan dari oven
Panas2 langsung keluarkan juga dari cetakan ya, dari yang saya baca2 agar kue tidak menciut
Dinginkan

Potong2 dan sajikan

Back To Top