MENGEJUTKAN...!!!! Manfaat Tanaman Dalam Rumah Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani, Agar Seimbang



Memiliki tanaman di dalam rumah ternyata memiliki banyak manfaat lebih dari sekedar penghias saja. Banyak ahli menyarankan memelihara tanaman hidup di lingkungan ramah baik untuk kesehatan badan secara umum maupun bagi kesehatan mental. Tanaman diketahui memiliki efek untuk meringankan stress dan semakin membuat nyaman tempat tinggal. Kamu bisa menciptakan rumah yang sangat sesuai untuk tempat melepas lelah hanya dengan beberapa sentuhan hijau saja. Berikut manfaat tanaman dalam rumah lebih jauh.


1. Tanaman membersihkan udara

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa tanaman bisa menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan. namun selain itu, tanaman juga mengeluarkan uap air yang bisa berfungsi sebagai pelembab udara alami. Beberapa tanaman juga bisa menyerap radikal bebas dan racun-racun lain yang terbawa ke dalam rumah dari luar. Contohnya, succulent, lidah buaya dan jeruk-jerukan. Selain sangat bermanfaat, mereka juga cantik dan mudah dirawat.

2. Bisa mencitakan “outdoorphins”



Outdoophins adalah istilah bagi mikroba di dalam tanah yang mengeluarkan wangi khas udara terbuka. Inilah yang menyebabkan perasaan tenang saat kita dikielilingi tanah yang subur seperti di kawasan hutan atau perkebunan. Dengan menempatkan tanaman pot di dalam rumah, juga bisa menimbulkan efek relaksasi yang sama dari suasana alam terbuka yang ditimbulkannya. Menyimpan terarium atau beberapa pot succulent bisa menjadi pilihan yang praktis dan estetik untuk tujuan ini.

3. Meningkatkan suasana hati

Tanaman melepaskan salah satu enzim yang berguna untuk mengatur mood yang disebut phytoncides. Selain mempengaruhi kinerja hormon-hormon yang mempengaruhi suasana hati, enzim ini dipercaya sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun. Beberapa tanaman seperti mint, lavender dan sage juga memiliki wangi khas yang bisa membuat perasaan lebih tenang dan damain. Kamu bisa meletakkan pot-pot mini tanaman tersebut di dapur dan memanfaatkannya sebagai kebun mini rempah-rempah segar.

4. Membuat hidup lebih bertujuan



Rasa tanggung jawab saat kamu merawat tanaman dengan sepenuh hati bisa membuatmu merasa hidup memiliki tujuan. Sama seperti berkebun yang bisa membuat hati menjadi tenang dan mengalami perasaan telah mencapai sesuatu, menjaga tanaman di rumah tetap hidup bisa menjadi suatu pengalaman yang membahagiakan. Buat kamu yang sibuk bisa memulai memelihara tanaman yang tidak memerlukan banyak perhatian seperti kaktus atau tanaman bambu cina.

5. Menghidupkan suasana rumah

Terutama jika kamu memiliki banyak waktu senggang dan bisa menanam tanaman dalam rumah yang berwarna-warni. Contohnya adalah Krisan, kaktus bunga dan Begonia yang menghasilkan bunga berwarna-warni. Rumahmu akan terasa lebih hidup, segar dan sangat cantik yang tentu saja membuat kamu bisa bersantai sepenuhnya setiap kali kamu pulang. Selain cukup mudah untuk dirawat, tanaman ini juga mudah ditemukan di pasaran.


Back To Top